Selasa, 09 Oktober 2012

Rangkuman tentang liputan kick andy yang berjudul "NEGRI (ANDAI) TANPA KORUPSI"


NAMA          :   YUNITA DIANTI
KELAS         :    4EA06
NPM             :    14209364

Dalam memenuhi tugas softskill yaitu merangkum analisa tentang materi kick andy yang tayang pada 5 oktober 2012 yang berjudul ”NEGERI (ANDAI) TANPA KORUPSI” maka saya akan menyatakan pendapat saya mengenai  tayangan tersebut, salah benar nya saya mohon maaf.
Penting nya kejujuran ditanamkan sejak dini, untuk menananmkan gerakan  anti korupsi sejak dini. Melawan korupsi harus diawali dari diri sendiri, seperti yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Kanisius Kudus yang melatih untuk para murid nya lebih menghargai arti nilai kejujuran yaitu dengan memiliki warung kejujuran, gerakan memiliki SIM kejujuran, telpon kejujuran, dan mereka juga dapat melatih nilai kejujuran dengan melalui permainan ular tangga anti korupsi yang mereka buat sendiri. Dan yang lebih membuat saya tertarik lagi adalah slogan mereka “SMP Kanisius Kudus Anti Korupsi !” andai saja semua sekolah dinegri ini seperti SMP kanisius Kudus , mungkin tidak ada korupsi dinegri ini karna nilai kejujuran itu sudah ditanam kan kepada kita sejak dini, maka dengan itu tumbuhlah para pemimpin yang berakhlak baik yang menjunjung tinggi nilai nilai kejujuran.
Dan yang lebih menarik lagi, pelawanan terhadap korupsi juga muncul dari idenya anak yang berusia 14 tahun dengan membuat game anti korupsi yang ia namai “Raid The Raid” yang ini juga pernah diputar didepan Ketua Komisi KPK Abraham Samad. Berkat karya nya itulah dia mendapat berbagai penghargaan pada saat usianya baru menginjak 14 tahun. Anak yang berumur 14 tahun saja sudah mengerti pentingnya nilai kejujuran, disaat anak anak sekarang yang kebanyakan hanya tauran dan berbuat onar, dia meenunjukan masih banyak hal positif yang bisa dikerjakan yang bermanfaat dan paling tidak sedikitnya bisa membuka hati para koruptor itu untuk tidak korupsi.
Dan ada 4 film pendek yang buat untuk menginspirasi nilai nilai kejujuran dan dijadikan menjadi satu. Kisah sehari hari yang tanpa kita sadari perbuatan kecil bisa melatih kita untuk bertindak korupsi . dari hal hal kecil yang paada awal nya orang baik berubah menjadi orang yang rakus dengan harta dan mendorong dia untuk korupsi. Mulai dari berbohong yang kecil menjadi berbohong yang besar seperti korupsi. Maka dari itu mulai lah bersikap jujur dimulai dari hal hal yang kecil dari keluarga bahkan dari diri sendiri. Semoga dari tayangan tersebut dapat mengetuk hati kita semua untuk tidak mengambil apapun yang bukan hak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar