Rabu, 21 November 2012

TUGAS KELOMPOK


Achmad Rusdiansyah 15209331
Rika wika 10209952
Yunita Dianti 14209364
Etika bisnis “iklan Provider di Indonesia”
Indosat
Im3 adalah salah simkart yang popular dilingkungan pelajar dan mahasiswa. Im3 adalah simkart yang harganya terjangkau sehingga memikat banyak kalangan. Karna mayoritas pelajar menggunakan simkart maka para orang tuya ikut menggunakan im3 untuk melancarkan komunikasi antara orang tua dan anak.
Dalam promosi sejauh ini indosat tidak pernah membandingan dengan simkart yang lain atau menjatuhkan simkart yang lain. Menurut saya indosat mempunyai etika yang baik dalam mempromosikan produknya. Saya asalah pengguna im3 sudah selama 4tahun dan saya sangat menikmati produk ini. Sms nya yang murah kesemua operator membuat banyak orang tertarik. Tarif tlpn nya pun semian murah nya jadi mempermudah kita berkomunikasi.
Untuk masalah jaringan selama ini tidak pernah bermasalah tetapi terkadang ada masalah sedikit untuk indosat modem. Teman-teman saya banyak yang menggunakan im3 dan terbukti sms nya muarah.

Simpati
Etika provider telkomsel dalam membuat sebuah iklan Jika mengingat iklan telkomsel, paasti lah yang paling d ingat adalah iklan telkomsel yang bersaing dengan XL , saya rasa mungkin semuanya sudah mengetahuinya.betapa sengitnya perang antara provider telkomsel dan xl ini bisa kita lihat pada layar kaca tidak lebih dari 2 minggu  pastilah kedua provider telekomunikasi itu sudah berganti iklan , pada awalnya saya pikir hanya iklan biasa tapi makin lama saya perhatikan , kedua provider telekomunikasi di indonesia ini bukan hanya menawarkan produkanya saja akan keunggulan produk dari provider telekomunikasi tetapi kalau kata pepatah “ada udang dibalik batu” yang artinya selain beriklan mewarkan produk juga mulai membanding-bandingkan provider kompetitorny.
Tapi itu dulu, sekarang iklan Simpati banyak menanyangkan tentang prestasi anak bangsa, seperti prestasi Agnes Monica dalam berkarir selalu energic. Terakhir terakhir ini iklan Simpati lebih menekankan kepada anak muda yang selalu eksis di youtube untuk mengupload video mereka dalam menirukan gaya agnes disaat menari, dengan iming iming hadiah yang menarik. Dan yang terbaru adalah Agnes dalam singgel terbarunya hanya di Simpati.
Etika bisnis Simpati dalam membuat sebuah iklan kali ini lebih inovatif dan kreatif, tidak ada sindir menyindir dan mengintimidasi pihak lawan, yang membuat iklan ini jadi persaingan yang sehat.



XL
XL adalah provider telekomunikasi besar yang ada di indonesia banyak hal yang ia tampilkan dan ia berikan untuk memberikan pelayanan yang ekstra untuk para pelanggan setianya.
oke kali ini iklan XL yang sang model iklan tersebut omesh bilang ciuuuss miapah? mungkin sedang trend dikalangan para pemuda/i indonesia ya iklan tersebut memberikan hal yang menarik untuk kalangan muda indonesia. tentu saja sebelum itu ada beberapa paket-paket dan kelebihan dari XL yang ditampilkan pada iklan tersebut. pada iklan ini admin sangat tertarik dan terlihat fresh saat sang model iklan bilang ciusss miapah? hal itu membuat admin ingat banyak sekali teman admin yang bilang begitu di socmed yang mereka miliki . dan satu lagi sebulum ciuss miapah? ada kata kata untuk memikat hati sang wanita. dan ada suara modal dikit mau dapet banyak itu terlihat sangat menarik dan lucu buat saya. dengan fenomena yang ada.
selain itu masih ada lagi iklan XL yang sudah ada dimedia digital yang di indonesia tapi itu yang sangat membuat saya menarik.
Dan untuk Etika bisnis yang saksikan untuk iklan-iklan yang sekarang XL lebih hidup lagi dengan banyak nuansa fenomena yang lagi trend dikalangan pemuda/i. dan pada iklan yang lainya XL lebih menunjukan keunggulan fitur-fitur dan kecepatan akses internet XL yang begitu cepat. Ini memberikan kesan yang baik dengan tidak adanya persaingan walaupun mereka sering kali ganti-ganti iklan jika pesaingnya memunculkan iklan dan fitur baru.

Kesimpulan.
Kesimpulan yang kami dapat dalam kelompok tugas tentang provider ini. Semua provider yang menjadi subjek untuk penulisan tugas ini lebih melihatkan fitur-fitur yang ada pada provider nya. Dan tentu saja keunggulan masing masing produk tersebut. Dan kami melihat dan menyaksikan di Televisi jika salah satu provider tersebut membuat iklan baru dan fitur baru maka provider yang lain nya mengikuti atau lebih baik. Mungkin ini dimaksudkan agar loyalitas penguna provider mereka tidak terpengaruh dengan produk yang lain dan semakin setia karena keunggulan yang mereka berikan sangat terasa untuk konsumen nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar