Achmad Rusdiansyah 15209331
Rika wika 10209952
Yunita Dianti 14209364
Etika bisnis “iklan Provider di Indonesia”
Indosat
Im3
adalah salah simkart yang popular dilingkungan pelajar dan mahasiswa. Im3
adalah simkart yang harganya terjangkau sehingga memikat banyak kalangan. Karna
mayoritas pelajar menggunakan simkart maka para orang tuya ikut menggunakan im3
untuk melancarkan komunikasi antara orang tua dan anak.
Dalam
promosi sejauh ini indosat tidak pernah membandingan dengan simkart yang lain
atau menjatuhkan simkart yang lain. Menurut saya indosat mempunyai etika yang
baik dalam mempromosikan produknya. Saya asalah pengguna im3 sudah selama
4tahun dan saya sangat menikmati produk ini. Sms nya yang murah kesemua
operator membuat banyak orang tertarik. Tarif tlpn nya pun semian murah nya
jadi mempermudah kita berkomunikasi.
Untuk
masalah jaringan selama ini tidak pernah bermasalah tetapi terkadang ada
masalah sedikit untuk indosat modem. Teman-teman saya banyak yang menggunakan
im3 dan terbukti sms nya muarah.
Simpati
Etika
provider telkomsel dalam membuat sebuah iklan Jika mengingat iklan telkomsel,
paasti lah yang paling d ingat adalah iklan telkomsel yang bersaing dengan XL ,
saya rasa mungkin semuanya sudah mengetahuinya.betapa sengitnya perang antara provider
telkomsel dan xl ini bisa kita lihat pada layar kaca tidak lebih dari 2
minggu pastilah kedua provider telekomunikasi itu sudah berganti iklan ,
pada awalnya saya pikir hanya iklan biasa tapi makin lama saya perhatikan ,
kedua provider telekomunikasi di indonesia ini bukan hanya menawarkan
produkanya saja akan keunggulan produk dari provider telekomunikasi tetapi
kalau kata pepatah “ada udang dibalik batu” yang artinya selain beriklan
mewarkan produk juga mulai membanding-bandingkan provider kompetitorny.
Tapi itu dulu, sekarang iklan Simpati banyak menanyangkan
tentang prestasi anak bangsa, seperti prestasi Agnes Monica dalam berkarir
selalu energic. Terakhir terakhir ini iklan Simpati lebih menekankan kepada
anak muda yang selalu eksis di youtube untuk mengupload video mereka dalam
menirukan gaya agnes disaat menari, dengan iming iming hadiah yang menarik. Dan
yang terbaru adalah Agnes dalam singgel terbarunya hanya di Simpati.
Etika bisnis Simpati dalam membuat sebuah iklan kali ini lebih
inovatif dan kreatif, tidak ada sindir menyindir dan mengintimidasi pihak lawan,
yang membuat iklan ini jadi persaingan yang sehat.
XL
XL adalah provider
telekomunikasi besar yang ada di indonesia banyak hal yang ia tampilkan dan ia
berikan untuk memberikan pelayanan yang ekstra untuk para pelanggan setianya.
oke kali ini iklan XL yang sang model iklan
tersebut omesh bilang ciuuuss miapah? mungkin sedang trend dikalangan para
pemuda/i indonesia ya iklan tersebut memberikan hal yang menarik untuk kalangan
muda indonesia. tentu saja sebelum itu ada beberapa paket-paket dan kelebihan
dari XL yang ditampilkan pada iklan tersebut. pada iklan ini admin sangat
tertarik dan terlihat fresh saat sang model iklan bilang ciusss miapah? hal itu
membuat admin ingat banyak sekali teman admin yang bilang begitu di socmed yang
mereka miliki . dan satu lagi sebulum ciuss miapah? ada kata kata untuk memikat
hati sang wanita. dan ada suara modal dikit mau dapet banyak itu terlihat
sangat menarik dan lucu buat saya. dengan fenomena yang ada.
selain itu masih ada lagi iklan XL yang sudah ada
dimedia digital yang di indonesia tapi itu yang sangat membuat saya menarik.
Dan untuk Etika bisnis yang
saksikan untuk iklan-iklan yang sekarang XL lebih hidup lagi dengan banyak
nuansa fenomena yang lagi trend dikalangan pemuda/i. dan pada iklan yang lainya
XL lebih menunjukan keunggulan fitur-fitur dan kecepatan akses internet XL yang
begitu cepat. Ini memberikan kesan yang baik dengan tidak adanya persaingan
walaupun mereka sering kali ganti-ganti iklan jika pesaingnya memunculkan iklan
dan fitur baru.
Kesimpulan.
Kesimpulan yang kami dapat
dalam kelompok tugas tentang provider ini. Semua provider yang menjadi subjek
untuk penulisan tugas ini lebih melihatkan fitur-fitur yang ada pada provider
nya. Dan tentu saja keunggulan masing masing produk tersebut. Dan kami melihat
dan menyaksikan di Televisi jika salah satu provider tersebut membuat iklan
baru dan fitur baru maka provider yang lain nya mengikuti atau lebih baik.
Mungkin ini dimaksudkan agar loyalitas penguna provider mereka tidak
terpengaruh dengan produk yang lain dan semakin setia karena keunggulan yang
mereka berikan sangat terasa untuk konsumen nya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar